Langkah Mudah Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Menarik [+CONTOH CV]

contoh membuat cv yang menarik dan benar

Merupakan hal biasa ketika setiap perusahaan yang menerima karyawan baru pasti meminta curriculum vitae atau CV dari calon karyawannya. Sebuah CV dibutuhkan untuk menjadi pertimbangan awal bagi perusahaan dalam merekrut karyawan.

Apa itu Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV adalah semacam riwayat hidup berkenaan dengan aktifitas, karier serta pekerjaan seseorang. Karena itu yang tercantum dalam riwayat hidup/CV tersebut berhubungan dengan aktifitas, karier serta pekerjaan, semisal riwayat pendidikan.

Dari riwayat pendidikan yang tercantum pada CV memudahkan seorang interviewer atau petugas verifikasi untuk mengaitkan pendidikan seseorang dengan pekerjaan yang ditekuninya. Apakah pendidikannya sesuai dengan bidang pekerjaan yang dijalani selama ini, ataukah melenceng. Dari hal tersebut seorang pewawancara dapat menggali potensi, kejanggalan ataupun keunikan dari calon karyawan.

CV juga menunjukkan jenjang karier seseorang. Apakah seorang calon karyawan memiliki riwayat karier yang saling berhubungan, dari satu jenjang karier ke jenjang karier berikutnya, dan berapa lama dalam satu jenjang karier seorang karyawan bertahan? Apabila dalam satu jenjang karier seseorang hanya bekerja dalam waktu singkat, pihak personalia (HRD) dapat menggali penyebabnya, apakah karena seseorang tersebut berprestasi, ataukah dia seorang tipe kutu loncat dan pembosan. Maka hal ini dapat menjadi catatan khusus bagi seorang pewawancara.

Mungkin kamu tertarik untuk membaca,

7 Hal Yang Harus Fresh Graduate Tahu Sebelum Melamar Kerja

Bagian-bagian dalam CV

Sebuah CV ibarat satu tubuh manusia yang utuh. Tentu saja CV memiliki bagian-bagiannya yang membentuk sebuah informasi lengkap yang dibutuhkan untuk memberikan gambaran bagi sebuah perusahaan, tipe karyawan seperti apakah calon pelamar pada perusahaannya.

Adapun bagian-bagian dari CV adalah seperti anggota-anggota tubuh pada manusia. Satu sama lain saling berhubungan dan berkaitan. Bagian-bagian dari CV adalah:

  • Bio data pribadi, yang memuat segala hal informasi tentang diri si pelamar atau calon karyawan. Yang melingkupi: nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, ketertarikan atau kecenderungan minat, alamat lengkap dan alamat korespondensi, kemudian informasi kontak seperti nomer telepon/HP yang dihubungi dan masih aktif.
  • Data pendidikan, yang memuat informasi tentang pendidikan si pelamar atau calon karyawan. Informasi dapat lengkap mulai dari pendidikan dasar, atau dari SD hingga Perguruan Tinggi. Tapi dapat juga dengan cukup mencantumkan hanya pendidikan terakhir saja. Semua tergantung dari bentuk informasi apa yang diharapkan dari perusahaan yang dilamar.
  • Data pengalaman kerja, dengan menyebutkan seluruh pengalaman kerja Kamu, dari mulai: nama perusahaan yang pernah menjadi tempat bekerja Kamu, lamanya bekerja, posisi/jabatan/tanggung jawab pekerjaan Kamu, informasi alamat perusahaan, dan kalau perlu gaji yang diterima di perusahaan lama Kamu.
BACA JUGA:  Panduan Lengkap Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Contoh

Catatan bagi yang belum pernah bekerja dan otomatis belum memiliki pengalaman kerja, cukup dengan mencantumkan pengalaman magang, PPL, PKL ataupun pengalaman organisasi non profit Kamu. Hal ini masih dapat membantu membentuk profil Kamu dalam pemikiran si pewawancara atau pihak personalia (HRD) yang ditugaskan oleh perusahaan.

  • Data tambahan lain, yang meliputi beberapa hal seperti: penghargaan yang pernah diterima, ketrampilan khusus yang dimiliki, ataupun kunjungan-kunjungan kerja yang dapat memberikan nilai tambah bagi calon karyawan.

Cara Mudah Membuat CV

Untuk membuat sebuah CV yang menarik diperlukan informasi yang komplit, selain juga yang valid dan dapat dibuktikan dengan surat-surat/dokumen asli apabila diperlukan untuk ditunjukkan pada pihak personalia (HRD) pada sebuah perusahaan.

Adapun cara membuat CV yang cukup menarik secara teknis adalah bisa dengan otodidak ataupun konvensional mengikuti aplikasi yang sudah ada dalam Microsoft Word misalnya.

Berikut adalah tata cara pembuatan CV, secara konvensional melalui mocrosoft word.

  1. Kamu buka program Microsoft Word pada laptop atau computer desktop Kamu, misalkan dengan Word 2013.
  2. Kemudian Kamu akan langsung menemukan blankform pembuatan CV dengan berbagai bentuk. Misal: a. Chronological Resume, b. Creative Design Resume, c. Crisp and Clean Resume.
  3. Selanjutnya Kamu tinggal mengklik pilihan yang Kamu inginkan. Dan ikuti petunjuk pembuatannya, termasuk apa-apa saja dulu informasi yang harus Kamu tampilkan sesuai dengan petunjuk.
  4. Setelah selesai simpan dan berikanlah nama file yang mengidentifikasikan sebagai nama CV Kamu. Misalnya: Reva Rizqina Rachma CV atau yang lainnya.

Sedangkan untuk membuat CV secara otodidak, Kamu cukup membuka program Microsoft Word dan buatlah sebuah blankform baru. Kemudian susunlah CV sesuai dengan petunjuk bagian-bagian CV, yakni: a. Informasi data pribadi, b. Informasi riwayat pendidikan, c. Informasi riwayat pekerjaan, d. Informasi tambahan.

BACA JUGA:  Panduan Wawancara Kerja Dan Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Interview

Dalam setiap CV usahakan cantumkan foto terbaru dengan cara mengupload pada data CV Kamu. Apabila diharuskan, maka Kamu pun tetap harus menyertakan pasfoto asli terbaru dan sesuai dengan ukuran dan jumlah yang ditentukan.

Tips agar CV Menarik

Sesuatu hal yang menarik sebetulnya tidak terlalu penting dalam sebuah CV atau riwayat hidup, karena akan jauh lebih penting lagi untuk memberikan informasi yang valid (benar) dan bukan infromasi palsu. Sehingga kevalidan jauh lebih penting dari menariknya sebuah CV.

Namun apabila memang diinginkan sebuah CV yang menarik, sebaiknya Kamu dapat menyesuaikan dari bentuk pekerjaan apa yang dilamar. Nah berikut adalah point-point penting sehingga CV menjadi menarik dan dilirik oleh perusahaan.

  1. Jangan tampilkan semua keahlian hingga kesannya Kamu all in namun juga sekedar tenaga serabutan. Cukup tonjolkan keahlian utama sesuai pekerjaan yang dilamar. Kalau melamar jadi koki maka keahlian mengetik sepuluh jari tidak perlu dicantumkan, dan bila melamar menjadi akuntan maka keahlian berpuisi tidak perlu dituliskan di CV.
  2. Buatlah CV yang simpel, padat informasi dan tak perlu panjang. CV yang terlalu tebal memberi kesan berat dan justru tidak menarik. Hilangkan informasi yang tak perlu, namun padatkan beberapa informasi dalam satu kalimat, jauh lebih menarik dibaca. Ingat! Pelamar pekerjaan bukan hanya Kamu, tapi bisa jadi ratusan orang.
  3. Buatlah fisik CV yang cukup menarik dan tampil beda dari CV-CV pada umumnya. Di sini Kamu dapat juga menunjukkan sisi kreatif Kamu kalau perlu. Sebagai ilustrasi, pernah ada seseorang yang ingin melamar di perusahaan garmen, dia mengirimkan sebuah lamaran kerja berikut CV di atas sebuah kain perca yang ia tulisi sendiri dengan indah. Dalam CV-nya ia menyebutkan jenis kain apa yang digunakannya, sehingga sekaligus menunjukkan keahliannya mengenali jenis kain. Tak menunggu lama, ia langsung dipanggil si pemilik perusahaan bukan lagi oleh HRD dan diterima bekerja.
BACA JUGA:  7 Hal Yang Harus Fresh Graduate Tahu Sebelum Melamar Kerja

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan adalah, CV pada dasarnya adalah miniatur diri Kamu, dalam hal keahlian, seberapa intelektualnya Kamu, tipikal diri Kamu – yang apakah mudah diajak kerja sama ataukah senang bekerja sendiri, dan sebagainya.

Maka berhati-hatilah dalam membuat CV dan juga bersemangatlah menunjukkan potensi diri Kamu ditambah dengan rasa percaya diri. Karena ketika Kamu sudah ragu-ragu dalam membuat CV, maka limapuluh persen kegagalan sudah menghantui diri Kamu. Karena itu, buatlah CV dengan kepercayaan diri penuh serta kejujuran. Karena kejujuran adalah kunci dari segala keberhasilan.

DOWNLOAD CONTOH CV.DOC
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *