Kuliah Sambil Kerja? Baca 8 Tips Ini Supaya Kuliah & Kerjaan Tetap Lancar!

Kuliah Sambil Kerja Baca 8 Tips Ini Supaya Kuliah & Kerjaan Tetap Lancar!

Menjadi seorang Mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah. Setiap hari harus dihadapkan dengan berbagai tugas kuliah yang tidak sedikit. Belum lagi jadwal kuliah yang mengharuskan Anda untuk berangkat setiap hari. Tentu hal ini akan banyak memakan waktu Anda.

Namun, dengan menjadi Mahasiswa bukan berarti menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas lain, termasuk kerja. Sekarang ini banyak lho Mahasiswa yang bisa kuliah sambil kerja. Entah karena ada kesempatan kerja, tergiur dengan gaji yang besar atau karena himpitan ekonomi yang mengharuskannya untuk kerja padahal masih ingin kuliah , dan lain sebagainya.

Apapun alasannya, kerja sambil kuliah bukanlah hal yang dilarang. Bahkan jika Anda bisa melakukannya, Anda termasuk orang-orang hebat. Karena untuk bisa kuliah sambil kerja dan bisa menjalankan keduanya dengan lancar bukanlah hal yang mudah. Nah. Jika Anda berniat untuk kuliah sambil kerja, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan tips ini, kuliah dan kerjaan Anda tetap lancar.

9 Tips Supaya Kuliah dan Kerja Bisa Berjalan Lancar

Mengingat untuk bisa menjalankan dua hal besar yaitu kuliah dan kerja secara bersamaan bukanlah hal yang mudah. Berikut ini ada beberapa tips agar Anda bisa menjalankan keduanya dengan lancar. Apa saja? Simak Penjelasan berikut!

1. Terapkan Skala Prioritas

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja adalah menerapkan skala prioritas. Dari kedua hal yang penting dalam hidup Anda tersebut, manakah yang lebih Anda utamakan? Apakah kuliah? Atau kerja?

Dalam memutuskan hal ini memang didasari oleh latar belakang yang berbeda-beda. Jika memang Anda harus dihadapkan dengan keadaan yang memaksa Anda untuk kuliah sambil kerja, maka Anda harus tetap konsisten dengan keduanya.

BACA JUGA:  7 Tips Supaya Status Magang-mu Bisa Menjadi Pegawai Tetap

Cobalah untuk memilih kuliah kelas karyawan agar Anda masih bisa kerja sambil kuliah. Kelas ini biasanya memang diperuntukkan bagi mereka yang sibuk bekerja tetapi masih berkeinginan untuk kuliah. Jadwal kuliahnya juga lebih singkat dan padat. Sehingga Anda tetap bisa kuliah tanpa harus meninggalkan jam kerja.

2. Pastikan Atasan Anda di Kantor Mengetahui Jika Anda Juga Kuliah

Salah satu tips yang akan memudahkan untuk bisa kerja sambil kuliah dengan lancar adalah dengan memberi tahu atasan di Kantor bahwa selain Anda kerja di kantornya, Anda juga sedang kuliah di Universitas tertentu. Hal ini dengan harapan agar pihak kantor cukup mengerti keadaan Anda dan memberikan dispensasi pada saat-saat tertentu, misalnya UAS, UTS dan lain sebagainya.

Cobalah untuk memberikan jadwal kuliah Anda secara jujur dan transparan agar manajer Anda mengerti. Jadi, Saat Anda harus meninggalkan kantor untuk suatu hal, Anda keluar dalam keadaan terhormat (bukan bolos) dan gaji Anda tetap utuh dan tidak dipotong.

3. Carilah Pekerjaan Yang Bersifat Fleksibel

Melihat posisi Anda sebagai seorang Mahasiswa, tentu Anda memiliki jadwal kuliah yang sibuk sekali. Selain itu, saat Anda pulang kuliah pun, Anda disambut dengan tumpukan tugas yang tiada akhir.

Nah, ketika Anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja, cobalah untuk mencari jenis pekerjaan yang sifatnya fleksibel. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam menjalankan kedua aktivitas ini. Jangan sampai pekerjaan Anda mengganggu kuliahmu ataupun sebaliknya. Jika yang terjadi memang demikian, lebih baik fokus pada salah satu saja dari pada nantinya keduanya akan terganggu.

Selain itu, kenapa Anda harus memilih pekerjaan yang fleksibel? Ingatlah bahwa tubuh Anda butuh istirahat. Jika Anda terlalu memforsir tenaga untuk kerja, kuliah dan mengerjakan tugas kuliah, maka tentu saja waktu istirahat Anda berkurang atau bahkan tidak ada. Dan ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

BACA JUGA:  Pentingnya Membuat Akun Email Untuk Melamar Kerja

4. Belajar Manajemen Waktu Yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk bisa kerja sambil kuliah bukanlah hal yang mudah sekalipun berada di kuliah kelas karyawan. Anda dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas kantor, tugas kuliah dan istirahat untuk menjaga kesehatan pada waktu yang sama. Oleh karena itu, Anda harus memiliki pengaturan manajemen waktu yang baik.

Cobalah untuk mengerjakan tugas secara tepat waktu. Jangan menundanya. Karena menunda pekerjaan sama saja dengan memperberat pekerjaan dan Anda akan keteteran nantinya. Belajar mentaati jadwal yang sudah Anda buat. Hal ini berguna untuk memudahkan langkah Anda sebagai mahasiswa dan juga karyawan.

5. Jangan Sampai Mengganggu Nilai

Saat Anda sudah berkomitmen untuk bisa menjalankan kerja sambil kuliah, pastikan bahwa pekerjaan Anda tidak mengganggu prestasi belajar Anda. Jangan sampai nilai mata kuliah Anda di kampus bermasalah. Ikuti semua jadwal kuliah dan berusaha untuk tepat waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.

Jika nilai Anda bermasalah, kuliah Anda bisa molor dan memperpanjang waktu. Hal ini dapat merugikan secara finansial dan merugikan waktu Anda. Menghambat jabatan yang seharusnya bisa Anda raih dengan mudah saat Anda lulus kuliah.

6. Tetap Jaga Performa di Kantor

Tidak hanya nilai kuliah Anda yang tidak boleh bermasalah, akan tetapi Anda juga harus menjaga performa Anda di Kantor. Menjaga performa di kantor menjadi sebuah keharusan karena untuk menjaga kepercayaan atasan Anda, bahwa Anda bisa menjalankan kuliah sambil kerja dengan lancar.

Memang bukanlah hal yang mudah, tapi cobalah untuk tetap menyelesaikan tugas kantor tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Jangan buat alasan untuk menunda-nunda karena alasan kuliah. Karena hal ini dapat membuat Anda bermasalah.

BACA JUGA:  5 Tips SUKSES Magang Untuk Mahasiswa Semester Akhir

7. Manfaatkan Waktu Senggang Sebaik Mungkin

Saat Anda mengikuti kuliah kelas karyawan dan kerja,tentu hal ini akan menguras waktu dan energi yang Anda miliki. nah, saat Anda memiliki waktu senggang, baiknya gunakanlah untuk istirahat. Hal ini untuk menjaga kesehatan Anda.

Jika Anda sakit karena terlalu lelah, hal ini dapat mengganggu kuliah dan kerja Anda.

Anda juga bisa mencoba mengakses berbagai informasi di internet atau sekedar bermedsos ria, seperti halnya yang lumrah dilakukan oleh generasi millenial saat waktu senggang. Akan tetapi jangan berlarut-larut, batasi dan secukupnya saja. Lakukan pekerjaan yang lebih bermanfaat daripada sekedar bermain gadget.

8. Piknik!

Meskipun Anda dituntut untuk bisa menjalankan kuliah sambil kerja dengan lancar, pastikan Anda memiliki waktu untuk bisa bersenang-senang, misalnya saja piknik. Anda berhak untuk piknik agar Anda tidak stress dengan segala rutinitas yang menjenuhkan dan berat.

Saat hari libur tiba cobalah untuk melakukan aktivitas yang Anda suka dan membuat Anda bahagia. Lupakan sejenak tugas kuliah dan tugas kantor untuk berbahagia. Hal ini juga akan memberikan energi positif pada langkah Anda selanjutnya. Setelah Anda refresh otak dengan jalan-jalan atau piknik, maka Anda akan jauh lebih bersemangat dalam melanjutkan hari.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kuliah sambil kerja bisa berjalan lancar. Sekali lagi, memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki semangat yang tinggi dan yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa menyelesaikan kuliah Anda dengan baik meskipun Anda sambil bekerja. Jangan kecewakan orang tua dan berikan hadiah terindah bahwa Anda bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *