Motivasi Kerja Untuk Menjaga Semangat Bekerja, Kamu Butuh ini!

kumpulan kata-kata motivasi kerja
sumber: Accompany.com

Dalam bekerja, motivasi merupakan hal yang sangat berpengaruh. Motivasi kerja bisa membuat seorang pekerja menjadi lebih baik atau bisa saja justru menjadi lebih buruk. Ketiadaan motivasi kerja, contohnya, adalah satu dari sekian alasan kenapa seorang pekerja menjadi malas bekerja dan target yang dibebankan kepadanya menjadi gagal dan terkatung-katung.

Di sisi yang lain pekerja akan tampil dengan penuh semangat dan bekerja dengan penuh gairah dikarenakan ia memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja. Inilah alasan kenapa motivasi cukup penting dalam dunia pekerjaan.

Secara umum, motivasi kerja dibagi menjadi dua, yakni yang berasal dari dalam diri pekerja atau motivasi yang berasal dari dunia luar. Nah, penasaran dengan hal tersebut? Simak beberapa ulasan penting di bawah ini.

Motivasi Kerja Dari Luar Diri Anda

Seperti istilahnya, motivasi kerja dari luar merupakan motivasi kerja yang bersumber bukan dari dalam diri sendiri, melainkan dari lingkungan ataupun dari orang lain. Ini adalah motivasi yang lebih penting karena bisa mengubah diri seseorang.

Sebagai contoh, ketika seorang pekerja sudah bersemangat bekerja namun lingkungan tidak mendukung, maka semangatnya bisa saja hilang. Sebaliknya, ketika seorang pekerja berangkat dari rumah dalam keadaan kurang semangat dan di kantor mereka mendapatkan dukungan, maka bisa saja mereka menjadi lebih semangat dari sebelumnya.

Ada cukup banyak contoh motivasi kerja dari luar yang bisa meningkatkan semangat bekerja. Nah, adapun beberapa motivasi kerja dari luar yang sebaiknya Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Feedback Dari Performa

Tidak bisa di pungkiri bahwa feedback atau pembayaran yang sesuai dengan performa adalah motivasi kerja dari luar yang sangat kuat. Feedback ini sebenarnya bentuknya bermacam-macam. Namun, dalam kaitannya dengan perusahaan, feedback cenderung diartikan sebagai gaji. Dengan gaji yang cukup dan tampak sesuai dengan kebutuhan, maka seorang pekerja akan lebih termotivasi untuk bekerja.

2. Lingkungan Kerja Kondusif

Selain perihal gaji, lingkungan kerja yang kondusif adalah salah satu hal penting yang tentu saja akan berpengaruh pada motivasi kerja yang meningkat atau menurun. Sebagaimana ilustrasi di atas, lingkungan kerja akan bisa mempengaruhi terhadap keadaan seorang pekerja.

BACA JUGA:  7 Tips Supaya Status Magang-mu Bisa Menjadi Pegawai Tetap

Oleh karena itu, dalam hal ini, usahakan Anda memiliki lingkungan kerja yang kondusif dimana saling mendukung untuk bisa bekerja dengan lebih baik.

3. Peran Aktif Atasan

Hal lain yang menjadi faktor meningkatnya motivasi kerja adalah peran aktif dari atasan. Atasan disini seharusnya bisa menjadi pemimpin yang baik di mana mereka bisa memberikan contoh dan teladan yang baik, ketika di kantor atau bahkan di luar kantor.

Contoh sangat simple adalah ketika seorang atasan datang ke kantor lebih pagi dan pulang lebih sore, maka hal tersebut akan membuat motivasi Anda sebagai seorang pekerja akan meningkat.

Tentu, masih ada cukup banyak motivasi dari luar yang akan mempengaruhi kinerja Anda sebagai seorang pekerja. Namun, pada umumnya, ketiga hal di ataslah yang paling sering berpengaruh terhadap kondisi dan motivasi seorang pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

Baca juga,

8 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Kata-kata Motivasi Kerja Untuk Penyemangat

Memang, tidak selamanya seorang pekerja akan mendapatkan semangat yang membara di dalam dirinya untuk selalu bersemangat dalam bekerja. Ada kalanya Anda merasa malas atau kurang bergairah dalam bekerja karena ada masalah atau suatu hal lainnya. Kondisi ini sebenarnya wajar, namun akan menjadi tidak wajar jika berlangsung terus menerus dan berlarut.

Ada cukup banyak hal yang bisa digunakan untuk membangkitkan kembali semangat Anda yang pudar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari kata-kata motivasi di mana akan mempengaruhi mindset Anda terhadap pekerjaan.

Adapun beberapa contoh kata-kata motivasi yang bisa dijadikan sumber semangat dalam bekerja adalah sebagai berikut:

1. Satu-satunya Cara Untuk Melakukan Pekerjaan Hebat adalah Cintai Apa yang Anda Lakukan

Kata motivasi di atas merupakan ungkapan legendaris dari pendiri Apple, Steve Jobs, yang sudah meninggal pada tahun 2011 yang lalu. Selama hidupnya, ia banyak mengeluarkan inovasi terbaik dalam bidang teknologi. Salah satu penjaga asa semangat dalam bekerjanya adalah kata-kata tersebut.

BACA JUGA:  Kuliah Sambil Kerja? Baca 8 Tips Ini Supaya Kuliah & Kerjaan Tetap Lancar!

Hal ini cukup beralasan karena tanpa adanya cinta, seluruh pekerjaan, meskipun mudah dilakukan, akan terasa berat. Namun, ketika cinta sudah bersemi, hal berat-pun pasti akan terasa lebih ringan dan mudah.

2. Sukses Bukanlah Kebetulan Namun Buah Dari Usaha dan Kerja Keras

Kata motivasi tersebut berasal dari legenda sepak bola Brazil, Pele. Pele memang merupakan legenda Brazil yang terkenal di dunia. Namun, ia mendapatkan popularitas bukan karena kebetulan, melainkan karena kerja keras dan usahanya yang tidak pernah henti.

Kisah Pele tersebut sebenarnya bisa dijadikan motivasi untuk bekerja. Ya, jika Anda malas dalam bekerja, maka kesuksesan pun tidak akan hadir karena kesuksesan bukan merupakan hal yang datang dengan tiba-tiba. Hanya dengan bekerja keras dan baik saja Anda bisa mendapatkan kesuksesan sebagaimana yang Anda cita-citakan.

3. Setiap Orang Memiliki Jatah Gagal. Habiskan Saat Muda

Motivasi ini berasal dari Dahlan Iskan, seorang menteri ketika era Presiden SBY. Secara khusus, pernyataan yang diberikan Dahlan Iskan tersebut tidak memungkiri adanya kegagalan dalam setiap proses yang dilakukan. Singkatnya, kegagalan adalah hal yang wajar dan setiap orang seolah memiliki jatah untuk gagal.

Namun, Dahlan menambahkan kata motivasinya dengan menyuruh menghabiskan jatah gagal tersebut saat muda. Artinya adalah, Dahlan menyuruh kita untuk senantiasa bekerja, berlatih dan melakukan usaha apapun saat masih muda dengan tidak mengenal kata menyerah.

Kegagalan yang diterima pada saat masih muda tentu akan jauh lebih baik daripada masih gagal ketika sudah tua. Dan, pengalaman dari masa muda akan memberikan hidup lebih baik di masa tua.

4. Man Jadda Wa Jada

Ini adalah pepatah bahasa Arab yang sangat dikenal di lingkungan penduduk Islam di Indonesia. Arti dari pepatah tersebut adalah barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka akan berhasil. Pepatah singkat tersebut memberikan sebuah isyarat akan perlunya sebuah usaha dan kerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

BACA JUGA:  7 Tips Supaya Status Magang-mu Bisa Menjadi Pegawai Tetap

Secara logika, pepatah ini memang benar. Hal ini dikarenakan tanpa usaha apapun, tentu kita tidak akan mendapatkan apapun. Oleh karena itu, ketika Anda ingin sukses dalam karier dan mendapatkan hidup yang lebih baik, maka tentu saja Anda harus bersungguh-sungguh dalam bekerja dan menjalankan seluruh rencana.

5. Bahagia Adalah Hidup yang Serba Cukup Meskipun Tidak Kaya

Kebanyakan dari kita menganggap standar kebahagiaan adalah harta yang melimpah dan tidak ada habisnya. Padahal, standar tersebut sebenarnya tidaklah benar. Hal ini dikarenakan banyak seseorang yang kaya namun hidupnya tidak bahagia karena terkena beragam jenis masalah.

Nah, bahagia yang sesungguhnya adalah kehidupan yang serba cukup meskipun tidak kaya raya. Kata motivasi ini sebenarnya erat kaitannya dengan sebuah pendapatan ketika bekerja. Seringkali seseorang mengeluh karena pendapatannya kecil sementara kebutuhannya banyak. Padahal, seringkali seseorang tersebut terpenjara pada gaya hidup yang tidak sesuai.

6. Seseorang yang Kaya Adalah Dia yang Mampu Menikmati Apapun yang Dimiliki

Kata motivasi ini berasal dari Arvan Pardiansyah, seorang penulis buku dengan judul Life is Beautiful. Di sadari atau tidak, seseorang lebih suka untuk membayangkan apa yang tidak dia miliki dan cenderung kurang bersyukur terhadap apa yang ia miliki.

Kesalahan berpikir ini seringkali membuat seseorang merasa hidupnya tidak bahagia. Perlu ditanamkan sejak dini bahwa seorang yang kaya adalah dia yang mampu menikmati apa yang sebenarnya dia punya. Kata motivasi ini cenderung mengajak kita untuk hidup dengan lebih realistis.

Nah, demikian pembahasan beberapa hal terkait motivasi kerja. Semoga bermanfaat.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *