Panduan Wawancara Kerja Dan Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Interview

tips interview atau wawancara kerja freshgraduate
sumber: karrierkozpont.elte.hu

Wawancara kerja merupakan salah satu tes yang harus dihadapi saat kamu mendaftar pekerjaan pada perusahaan yang baru. Ya, tim HRD dari perusahaan tersebut akan mengadakan tes wawancara yang gunanya adalah untuk melihat kesiapan serta kecakapan kamu untuk bergabung di perusahaan tersebut. Biasanya, wawancara berisi pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya substantif, namun bisa juga berisi jenis pertanyaan apapun.

Dan bila kamu sudah masuk dalam tahap wawancara kerja, artinya surat lamaran kamu beserta CV yang kamu kirimkan masuk kedalam kriteria yang dicari perusahaan tersebut.

Nah, cukup banyak pelamar pekerjaan yang gagal melangkah ke tahap selanjutnya karena gagal di tes wawancara kerja. Banyaknya kegagalan pada tes wawancara kerja tentu menunjukkan bahwa tes ini bukanlah tes yang sepele dan bisa dilalui tanpa persiapan.

Selain ketidakpahaman pelamar mengenai pertanyaan yang dijawab, cukup banyak pelamar pekerjaan yang kurang percaya diri pada saat melakukan interview tersebut. Rasa kurang percaya diri adalah musuh terbesar yang sebaiknya harus dibuang jauh sebelum menjalani tes wawancara.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa pertanyaan terkait tes wawancara dan juga panduan agar kamu bisa lolos di tahapan tes ini. Penasaran? Simak beberapa ulasan lengkap di bawah ini. Selamat membaca.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya

Sebagaimana sudah dijelaskan di awal bahwa wawancara kerja berisi beragam jenis pertanyaan yang harus dijawab dengan maksimal oleh calon pekerja atau pelamar kerja. Pertanyaan tersebut adalah indikator kesiapan dan juga kecakapan pelamar untuk selanjutnya dipertimbangkan untuk diterima menjadi karyawan baru atau tidak.
Nah, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul pada saat tes wawancara berlangsung, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bisakah Kamu Menceritakan Tentang Diri Kamu?

Pertanyaan mengenai jati diri akan menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Meskipun terkesan mudah dan sepele, pertanyaan ini sangat penting dan terkadang begitu menyulitkan terutama untuk seseorang yang kurang percaya diri. Lalu, bagaimana jawabannya?

BACA JUGA:  30+ Rumus Excel Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja [LENGKAP]

Nah, dalam hal ini, kamu tidak perlu menyebutkan apa yang sudah kamu tulis dalam CV. Jawaban dari pertanyaan ini akan lebih bagus jika kamumemberikan informasi yang tegas dan menarik di mana menunjukkan kenapa kamu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memulai jawaban dengan menceritakan 2 atau 3 pengalaman terbaik.

2. Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Kamu?

Pertanyaan ini sering keluar dan selalu mengetes mental dari para pelamar pekerjaan. Dalam hal ini, memang, pertanyaan terlihat lugas dan tidak aneh. Namun, kamu perlu tahu bahwa inilah peluang bagi kamu untuk menjual skill yang sudah kamu miliki.

Saat pertanyaan ini muncul, maka akan lebih baik jika kamu memberikan jawaban yang tepat, seperti kamu tidak hanya mampu bekerja dengan baik namun juga bisa beradaptasi dengan tim, menghasilkan kinerja terbaik dan lainnya.

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Kamu?

Pertanyaan lain yang juga sering muncul adalah terkait kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Dalam hal ini, salah satu pertanyaan tes wawancara ini bisa jadi merupakan pertanyaan yang sulit bagi mereka yang kurang percaya diri. Ya, mereka yang kurang percaya diri tentu akan cenderung lebih mudah mengatakan kekurangan dirinya daripada kelebihan dirinya.

Nah, oleh karena itu, kamu harus melatih dan mengenali diri kamu dengan lebih baik. Berikan jawaban yang lugas dalam menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, berikan informasi mengenai kelebihan kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu cari. Selain itu, usahakan untuk menyebutkan kekurangan yang tetap memiliki aura positif.

Mungkin kamu juga tertarik untuk membaca,

7 Hal Yang Harus Fresh Graduate Tahu Sebelum Melamar Kerja

Pertanyaan Jebakan Saat Interview

Dalam tes interview yang sedang berlangsung, pihak penanya cukup sering memberikan pertanyaan jebakan yang terkadang membuat seorang pelamar gagal dalam tes yang ia lakukan. Pertanyaan jebakan tersebut biasanya digunakan untuk mengetes mental dan kecakapan pelamar dalam berkomunikasi.

BACA JUGA:  Langkah Mudah Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Menarik [+CONTOH CV]

Ada cukup banyak pertanyaan jebakan yang cukup sering dalam tes wawancara kerja. Adapun beberapa contoh pertanyaan jebakan yang sering muncul dalam interview tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pengetahuan Tentang Perusahaan

Pihak penanya cukup sering mengajukan pertanyaan terkait pengetahuan mengenai perusahaan yang kamu pilih untuk bekerja. Mereka seolah tidak mengetahui apa-apa terkait perusahaan dan kamu-lah yang harus menjalankannya.

Nah, pertanyaan ini sebenarnya berdasar pada visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, jawaban dari pertanyaan ini adalah keunggulan dari perusahaan yang kamu datangi daripada perusahaan lainnya.

2. Alasan Tertarik Bergabung

Meskipun alasan kenapa kamu bergabung adalah kamu membutuhkan pekerjaan, namun jawaban dari pertanyaan ini tentu saja harus elegan. Dalam menjawab pertanyaan ini, maka jangan sesekali menjawab tentang besaran gaji atau pekerjaan yang lebih nyaman.

Hal ini dikarenakan perusahaan selalu menginginkan pekerja yang loyal. Oleh karena itu, kamu bisa menjawab pertanyaan ini misalnya karena kecocokan latar pendidikan dan lainnya.

3. Rencana ke Depan

Ini adalah pertanyaan jebakan yang harus diwaspadai dan dijawab dengan lugas Pertanyaan ini tentu saja cukup mendasar karena menyinggung tentang persiapan pribadi. Namun, pertanyaan ini sebenarnya merupakan ilustrasi tentang berapa lama kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Tentu, perusahaan ingin pekerja yang bertahan di perusahaan tersebut dalam waktu yang lama dan bukan menjadi kutu loncat.

Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, maka berikan jawaban jangka panjang dan uraikan dengan jelas. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan perusahaan yang kamu lamar sebagai bagian integral dari rencana kamu di masa yang akan datang.

Pelajari juga rumus-rumus excel yang sangat berguna di dunia kerja,

29+ Rumus Excel Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja [LENGKAP]

Tips Lolos Wawancara Kerja

Kedua poin sebelumnya menunjukkan beberapa jenis pertanyaan yang sering muncul dan juga pertanyaan jebakan yang bisa muncul dalam tes wawancara. Nah, selain kedua hal tersebut, tentu saja ada beberapa hal lain yang bisa menentukan lolos atau tidaknya  kamu dalam melakukan tes wawancara.

BACA JUGA:  8 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Berikut ini akan disebutkan mengenai beberapa tips lolos tes wawancara yang setidaknya bisa kamu pelajari sebelum berangkat untuk mengikuti tes wawancara. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Good Looking

Saat hendak menjalani tes wawancara, penampilan adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, kamu sebaiknya memperhatikan penampilan kamu dan usahakan tampil dengan cukup formal dan menarik. Kamu disarankan menggunakan pakaian formal sebagaimana pekerja pada umumnya dan tidak disarankan untuk mengenakan celana jeans ataupun sandal.

2. Percaya Diri

Seorang pelamar pekerjaan harus memiliki kepercayaan diri yang kuat ketika mereka ingin lolos dari tes wawancara. Rasa percaya diri yang terbangun akan membantu kamu bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar.

3. Posisi Tubuh

Seringkali karena alasan kurang percaya diri, pelamar pekerjaan menunjukkan sikap tubuh yang salah. Mereka duduk dengan salah tingkah dan terlihat tidak tenang. Padahal sikap tubuh menjadi salah satu sumber nilai kesopanan yang harus diperhatikan.

Nah, beberapa hal di atas merupakan seluk beluk mengenai tes wawancara yang sebaiknya kamu ketahui sebelum melakukan tes. Beberapa informasi tersebut akan membantu kamu untuk menjawab pertanyaan wawancara dengan lebih mudah. Pelajari beberapa hal tadi dengan serius agar kamu bisa melalui tes wawancara dengan lancar. Semoga bermanfaat.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *