7 Tips Supaya Status Magang-mu Bisa Menjadi Pegawai Tetap

tips kerja magang
sumber: kampusgw.com

Apakah Kamu saat ini berstatus sebagai Mahasiswa yang sedang magang? Magang merupakan salah satu cara untuk mengetahui praktik di dunia kerja secara langsung. Ini merupakan pengalaman pertama yang cukup menantang dan harus Kamu taklukkan. Kalau bisa, jadikan status magangmu ini cara untuk meraih pegawai tetap di kantor tempatmu magang.

Banyak juga lho yang mendapatkan pekerjaan tetapnya berawal dari status magang. Tugas anak magang memang tidak seberat tugas karyawan tetap di kantor tersebut. akan tetapi setidaknya dengan magang, Kamu bisa mengetahui gambaran dunia kerja secara nyata. Jika memang tempat magangmu memiliki profit yang bagus, kenapa tidak mencoba untuk menjadi karyawan tetap disana?

Selain itu, ada juga sebuah perusahaan yang menerapkan sistem kerja kontrak terlebih dahulu sebelum menjadi pegawai tetapnya. Jika Kamu magang di perusahaan yang seperti ini, maka langkahmu untuk menjadi karyawan tetap harus lebih giat. Pasalnya persaingan antar karyawan cukup tinggi.

Hal ini wajar terjadi. Pasalnya saat kontrak karyawan akan segera berakhir maka nasib para karyawan kontrak tersebut belum jelas. Sehingga akan banyak yang merasa khawatir jika memang mereka harus diberhentikan. Apalagi tanpa uang pesangon. Hal inilah yang dikatakan kenapa dunia kerja itu kejam.

Namun Kamu tidak usah merasa khawatir. Masa magangmu inilah saatnya Kamu untuk menunjukkan bahwa Kamu patut untuk dipertahankan. Tunjukkan kemampuan terbaik dan menjadi karyawan tetap. Tidak perlu merasa takut dengan karyawan kontrak lainnya. Karena siapapun jika memang memiliki kemampuan yang baik pasti akan menerima hasil terbaik.

Nah, jika Kamu minat menjadi pegawai tetap dari statusmu yang anak magang, lakukan tips magang berikut ini. selamat mencoba semoga sukses!

Tips Supaya jadi Pegawai Tetap Dari Status Magang

Mungkin kamu juga tertarik untuk membaca tips Fresh-graduate berikut,

7 Hal Yang Harus Fresh Graduate Tahu Sebelum Melamar Kerja

1. Tunjukkan Kemampuan Terbaik Yang Kamu Miliki

Tips magang yang pertama yang harus Kamu lakukan adalah cobalah untuk menunjukkan kemampuan terbaik yang Kamu miliki. mengingat, Magang adalah pengalaman kerja pertamamu, jangan gugup dan lakukan yang terbaik.

BACA JUGA:  Motivasi Kerja Untuk Menjaga Semangat Bekerja, Kamu Butuh ini!

Setiap tugas yang diberikan coba selesaikan dengan kemampuan maksimal. Berikan hasil yang terbaik, jika bisa selesaikan sebelum dari deadline yang sudah ditentukan. Jangan sampai molor. Tips magang ini penting untuk diperhatikan, karena disini kerja Kamu akan dinilai.

Jika Kamu memang memiliki kemampuan yang bagus dalam menyelesaikan tugas, maka perusahaan pun tidak segan-segan untuk menawarimu menjadi karyawannya. Sekalipun kuliahmu belum selesai.

Selain itu, Kamu juga akan bersaing dengan karyawan kontrak lainnya. Mereka juga berjuang untuk memperebutkan status sebagai pegawai tetap. Namun jika memang Kamu memiliki kemampuan lebih baik dari mereka, tidak usah khawatir. Karena yang terbaik yang akan menang.

2. Tetap Profesional

Meskipun Kamu hanya seorang anak magang bukan berarti Kamu mengerjakan tugas anak magang sesukanya. Justru ini merupakan awal untuk Kamu bisa menunjukkan potensi yang ada di dalam diri yang selama ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Termasuk atasan di kantor.

Tugas anak magang yang tidak seberapa beratnya, sebisa mungkin berikan pelayanan yang terbaik. Jangan sampai mengecewakan. Karena selain untuk kebaikan dirimu sendiri, Kamu juga membawa nama baik dari almamatermu.

Oleh karena itu, jadilah anak magang yang profesional. Taati semua peraturan perusahaan dengan tertib. Siapa tau Kamu bisa diangkat menjadi pegawai tetapnya. Agar bisa terlihat professional, Kamu bisa mencoba tips kerja part time berikut ini, mengingat statusmu yang masih sebagai mahasiswa yang sedang menyelesaikan proses belajar.

Beberapa tips di bawah ini dilakukan agar Kamu terlihat lebih profesional dan meyakinkan meskipun Kamu hanya sekedar anak magang yang terkadang sering disepelekan.

3. Berpakaian Rapi

Untuk terlihat profesional dan menarik hati atasan bahwa Kamu memiliki potensi yang tidak diragukan meskipun sekedar anak magang, adalah dengan mengenakan pakaian yang rapi. Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang akan mendapat penilaian pertamanya dilihat dari penampilannya.

BACA JUGA:  7 Hal Yang Harus Fresh Graduate Tahu Sebelum Melamar Kerja

Jika Kamu berpakaian rapi maka akan terlihat meyakinkan dan professional. Maka Kamu pun akan dihargai. Hal ini sebagai bentuk untuk menghargai diri sendiri dengan berpakaian rapi.

Berbeda jika Kamu memiliki penampilan yang berantakan, maka tentu saja akan memberikan kesan negatif sebelum Kamu melakukan apapun. Berpakaian rapi bukan berarti harus mahal dan bermerk lho.

4. Aktif

Saat Kamu menjadi anak magang, meskipun belum terlalu banyak tugas anak magang akan tetapi cobalah untuk tunjukkan antusiasmu terhadap tugas kantor. Jika Kamu menjadi seorang yang aktif maka tentu saja akan menambahkan nilai tambahan tersendiri bagi Kamu.

Apapun tugas anak magang yang diberikan, meskipun sekedar untuk membuat teh cobalah untuk menerima dengan lapang dada. Selesaikan berbagai tugas dengan baik dan tepat waktu. Bahan jika Kamu bisa menyelesaikan tugas yang diberikan lebih awal, hal itu lebih baik.

5. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu merupakan salah satu dari tips kerja part time yang akan menambah kesan positif dari atasan. Jika Kamu datang tepat waktu bahkan 30 menit sebelum jam kerja dimulai, hal ini akan menunjukkan tanda keseriusanmu dalam bekerja dan menunjukkan bahwa Kamu adalah pribadi yang baik dengan disiplin yang tinggi.

6. Serap Ilmu Sebanyak Mungkin

Proses magang merupakan sebuah kesempatan yang diberikan oleh Universitas agar Kamu bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari tempat magangmu. Pengalaman magang ini akan berguna untuk membekalimu sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Nah, oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini. gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya di perusahaan tempat Kamu magang. Jika ada tugas anak magang yang belum mengerti, tanyakan dan cari tau bagaimana penyelesaiannya. Karena nantinya ilmu yang Kamu dapatkan saat magang, akan berguna di kemudian hari.

BACA JUGA:  Kuliah Sambil Kerja? Baca 8 Tips Ini Supaya Kuliah & Kerjaan Tetap Lancar!

Kamu juga bisa belajar rumus Excel lengkap disini

7. Jangan Ragu Utarakan Niat

Terakhir, saat Kamu yakin bahwa tempat magangmu merupakan perusahaan terbaik yang akan menjadi tempat kerja impianmu, jangan pernah ragu untuk mengutarakan keinginan untuk menjadi karyawan disitu. Coba lakukan pendekatan dengan atasan dengan terus mencoba memberikan kemampuan terbaik yang Kamu miliki.

Jika memang Kamu memiliki kualitas terbaik saat menyelesaikan tugas anak magang dan tidak mengecewakan maka tentu saja pihak perusahaan akan senantiasa dengan senang hati menerima Kamu menjadi karyawannya. Bahkan tanpa Kamu melamar, Kamu sudah dilamar duluan.

Nah. Itulah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan Supaya Status Magang-mu Bisa Menjadi Pegawai Tetap. Kamu bisa mencobanya agar dapat mewujudkan keinginanmu tersebut. memang bukanlah hal yang mudah karena untuk menjadi pegawai tetap banyak saingan disana-sini, akan tetapi dengan usaha yang serius dan penuh kesungguhan, segalanya pasti bisa diraih kok.

Jadi jangan minder dan jangan khawatir, karena Kamu Pasti bisa! Kerahkan segala kemampuan yang Kamu miliki, dan jangan pernah menyerah. Karena seperti yang Kamu tahu, kerja kerasmu untuk perusahaan tentu akan mendapatkan balasan yang baik nantinya, yakni dengan menjadi pegawai tetap.

Masih mau cari kerja? cari di portal lowongan kerja yang listnya sudah dibahas disini,

8 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *