4 Pantangan Mencari Beasiswa S1 Luar Negeri yang Harus Kamu Hindari

hindari hal ini saat wawancara beasiswa s1
sumber: debtroundup.com

Beasiswa tidak identik dengan keterbatasan finansial dan bantuan dari lembaga formal maupun non formal tertentu.

Beasiswa bergengsi sekelas beasiswa s1 luar negeri adalah beasiswa yang banyak diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang bagus.

Ya, image pertama bagi mereka yang menerima beasiswa luar negeri adalah keren, keren dan keren. Untuk itu, perlu usaha ekstra untuk menaklukkan kompetisi tersebut dan menghindari pantangan dalam mencari beasiswa berikut ini.

1. Tidak Punya Rencana yang Jelas

Keyakinan, kemantapan dan motivasi adalah syarat pertama yang harus kita miliki dalam proses mencari beasiswa s1 luar negeri. Selain itu, miliki rencana yang jelas adalah keharusan.

Rencana tersebut meliputi kapan akan melanjutkan study apakah ingin study tahun ini ataukah tahun depan. Apa jurusan yang ingin diambil, di negara mana kita akan melanjutkan study, dan apa saja persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengikuti program beasiswa s1 luar negeri itu.

Tidak adanya rencana yang jelas akan membuat kita kebingungan terkait apa yang akan kita lakukan untuk mendapatkan beasiswa itu. Matangkan rencana dan lalui step by step-nya untuk memastikan rencana tersebut berjalan dengan baik.

2. Info Beasiswa yang Terbatas

Info beasiswa s1 yang cukup sangat kita butuhkan saat apply beasiswa s1 luar negeri. Informasi tersebut digunakan untuk melengkapi persyaratan administratif apa saja yang kita butuhkan.

Kapan terakhir deadline pengiriman application letter, dsb. Lengkapi informasi beasiswa s1 dari website resmi universitas yang dituju atau dari website terpercaya. Info beasiswa yang terbatas cukup mempersulit proses mendapatkan beasiswa.

3. Bingung akan Memilih Jurusan Apa

Selain bingung dalam menentukan universitas, kebingungan lain terjadi saat menentukan apa jurusan yang akan di ambil. Kebingungan dalam memilih jurusan salah satu penyebabnya adalah karena belum yakin apa kelebihan atau bakat diri dan apa cita-cita yang diinginkan di masa mendatang.

BACA JUGA:  20+ Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar

Ketahui apa bakat diri dan tentukan apa cita-cita yang ingin diraih di masa mendatang untuk memastikan kamu tidak salah dalam memilih jurusan. Besar sekali pengaruhnya saat kita salah memilih jurusan. Salah satunya adalah tidakmaksimal dalam menjalani proses perkuliahan.

4. Hanya karena Pertimbangan Suka dalam Memilih Negara

Tahap yang harus kita lalui saat apply beasiswa s1 luar negeri adalah mempertimbangkan dengan matang mana negara tujuan beasiswa yang ingin dituju.

Pertimbangannya tidak hanya sekedar suka dan tidak suka, tetapi bagaimana kualitas universitas dan jurusan yang di ambil serta bagaimana prospek alumni ke depannya.

Mendapatkan beasiswa s1 luar negeri adalah kesempatan emas yang memberikan banyak keuntungan bagi para pelamar.

Gunakan strategi yang tepat dan hindari pantangan dalam melamar beasiswa s1 di atas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *