Cara Mudah Berhasil Lolos Mendaftar Lowongan Pegawai Negeri Sipil

lowongan pegawai negeri sipil
Foto: riaubook.com

Berhasil mendaftar lowongan pegawai negeri sipil tentu menjadi harapan setiap peserta tes seleksi. Selain mengandalkan keberuntungan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa lolos tes seleksi CPNS.

Tahapan Seleksi Lowongan Pegawai Negeri Sipil

Sebelum mendaftar lowongan pegawai negeri sipil, kamu perlu mengetahui bahwa ada tiga tes yang biasanya diterapkan dalam proses seleksi. Ketiga tes tersebut yakni tes seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Masing-masing instansi biasanya memiliki peraturan tersendiri mengenai persyaratan dalam pendaftaran. Untuk itu, kamu perlu memantau perkembangan informasi mengenai seleksi pegawai negeri sipil di kementerian yang kamu inginkan.

Selain itu, persiapkan diri kamu dengan melakukan beberapa tips berikut ini agar berpeluang besar lolos seleksi.

Tips Lolos Seleksi Lowongan Pegawai Negeri Sipil

Tentu kamu sudah tahu bahwa persaingan seleksi pegawai negeri sipil sangatlah ketat. Ribuan orang yang melamar padahal yang dibutuhkan hanya beberapa orang saja.

Oleh karena itu, persiapkan beberapa hal berikut ini sebelum mendaftar seleksi pegawai negeri sipil agar bisa lolos.

Memilih instansi

Umumnya para pelamar tes seleksi pegawai negeri sipil memilih instansi sesuai dengan minat dan bidang pendidikan yang mereka kuasai.

Hal ini tidak salah, namun akan lebih baik bila kamu mencari tahu kebutuhan seleksi setiap instansi, mulai dari persyaratan hingga tahapan tes seleksi.

Setiap instansi biasanya memiliki ketentuan tersendiri mengenai tahapan tes seleksi.

Ada instansi yang menerapkan dua tahapan tes seleksi, ada juga yang menerapkan empat tahap tes seleksi. Dengan mengetahui kebutuhan tes seleksi setiap instansi,

kamu bisa mencari posisi yang sesuai dengan minat kamu sekaligus memperkirakan peluang untuk lolos tes tersebut. B

BACA JUGA:  Cara Cek Nama PT Terdaftar Atau Tidak Dengan Ahu.go.id

iasanya para pelamar lebih mudah diterima di posisi yang sesuai dengan minat dan jurusan saat kuliah serta di posisi yang memiliki lowongan banyak.

Belajar simulasi tes seleksi pegawai negeri sipil

Tes seleksi pegawai negeri sipil terbagi menjadi dua jenis tes yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Salah satu metode yang diterapkan untuk mengerjakan tes tersebut adalah menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Sistem CAT tentu sangat berbeda dari sistem konvensional karena sudah berbasis komputer.

Hasil ujian pun bisa keluar lebih cepat sehingga lebih efisien waktu baik dalam proses pengerjaan maupun koreksi hasil.

Untuk Tes Kompetensi Dasar biasanya sudah menggunakan sistem CAT dengan tiga tipe soal yang memiliki bobot nilai berbeda. Ketiga materi soal TKD tersebut yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Dengan memahami ketiga jenis ujian tersebut, kamu bisa lebih siap mengerjakan tes karena sudah tahu gambaran soal yang akan keluar di tes tersebut.

Tenang Saat Ujian

Ketenangan saat mengerjakan ujian menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kamu. Saat mengerjakan ujian seleksi pegawai negeri sipil biasanya kita akan merasa grogi.

Hal tersebut sangatlah lumrah, namun jangan sampai rasa grogi mengganggu konsentrasi dan membuat kamu kesulitan mengerjakan tes.

Tenangkanlah pikiran dan hati kamu, bila perlu cari kata kata bijak yang bikin kamu semangat dan jangan lupa berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan tes agar bisa lebih fokus.

Maksimalkan Waktu Ujian

Biasanya waktu ujian yang diberikan sekitar 2 jam. Maksimalkan waktu ujian untuk memeriksa jawaban kamu. kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu baru kemudian kerjakan yang sulit. Tidak perlu terburu-buru untuk selesai karena melihat peserta lain sudah keluar duluan.

BACA JUGA:  Tips Mudah Mencari Lowongan Kerja Purwokerto Terbaru

Selain melakukan tips di atas, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini bertujuan agar kamu berada dalam kondisi prima saat melaksanakan ujian seleksi lowongan pegawai negeri sipil.

Selebihnya berdoalah agar hasil ujian keluar dengan nilai memuaskan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *