Ingin Sukses Wawancara Beasiswa? Hindari 4 Hal Berikut!

Wawancara beasiswa – Bila kamu daftar beasiswa luar negeri dan setelah proses seleksi administrasi selesai, tahap selanjutnya agar lolos tes beasiswa adalah mengikuti wawancara beasiswa.

anak muda sedang wawancara beasiswa kuliah ke laur negeri
sumber: hipwee.com

Sebagaimana memenuhi persyaratan administratif yang harus disertai dengan tips dan trik tertentu, sukses wawancara pun membutuhkan strategi khusus. Salah satunya adalah dengan menghindari 4 pantangan berikut ini.

1. Kostum yang Tidak Terlalu Santai

Bagaimana cara kita berpakaian adalah salah satu upaya kita untuk menghargai orang lain dan menunjukkan bagaimana sih karakter kita yang pada akhirnya dinilai oleh orang lain.

Berpakaian super santai dengan bawahan jeans dan atasan kaos tentu tidak sebaiknya dikenakan oleh mereka yang sedang mengikuti wawancara beasiswa.

Percayalah, pihak penyeleksi akan ilfil dengan tampilan kamu yang super santai itu. Setidaknya tampilan tersebut tidak menunjukkan pada mereka bahwa kamu benar-benar ingin memenangkan kompetisi itu. Pakai baju rapi bersih untuk laki-laki dan untuk cewek bisa kok pakai dress yang formal.

2. Bersikap Ramah itu Penting, Lho!

Selain pakaian, etika yang kita tunjukkan selama wawancara menentukan apakah kita layak menjadi kandidat penerima beasiswa yang bernilai puluhan bahkan ratusan juta itu.

Bersikap ramah sangat penting dalam berinteraksi dengan pihak pewawancara. Fokus pada pertanyaan yang diajukan dan jawab dengan antusias, penuh pertimbangan dan dengan mimik muka yang menyenangkan.

Jangan sampai pihak pewawancara berpikir bahwa seolah-olah merekalah yang butuh kita dengan kita menunjukkan sikap yang kasar, semisal dengan menjawab pertanyaan dengan jutek, lebih banyak menunduk, banyak mainan handphone, dan terkesan ogah-ogahan dalam menjawab pertanyaan.

Cobalah untuk bersikap lebih ramah, antusias, atur nada bicara, atur logikanya, selalu ekspresikan mimic wajah yang menyenangkan, dan sebagainya.

BACA JUGA:  4 Pantangan Mencari Beasiswa S1 Luar Negeri yang Harus Kamu Hindari

3. Sedikit Informasi Tentang Sekolah yang Dituju

Layaknya pelamar kerja, ada baiknya Anda menyiapkan pengetahuan yang cukup mengenai lembaga tempat Anda bekerja. Cobalah untuk mencari informasi yang cukup mengenai universitas yang dituju.

Biasanya, pihak pewawancara akan bertanya mengenai wawasan yang kita miliki terkait universitas yang ingin kita tuju. Semakin banyak informasi yang kita miliki yang kita utarakan dengan gamblang kepada pihak pewawancara, ini akan menjadi poin plus bagi kita dan menunjukkan bahwa kita benar-benar siap dan layak menjadi kandidat penerima beasiswa selanjutnya.

4. Sedikit Menceritakan Tentang Diri Sendiri

Bagus sih memang saat kita berinteraksi dengan teman dan tidak terlalu banyak menceritakan tentang kelebihan diri sendiri. Namun saat berhadapan dengan tim pewawancara dan kita ditanya mengenai diri kita sendiri, agaknya lebih disarankan untuk menjawab secara panjang-lebar.

Ceritakan mulai dari apa saja hobby yang dimiliki, apa saja sisi positif diri sendiri, bakat pada bidang apa, dan kenapa kamu layak menjadi kandidat penerima beasiswa tersebut.

Pantangan di atas sebaiknya kamu hindari saat mengikuti wawancara beasiswa. Persiapkan dengan baik agar kesempatan emas ini bisa kamu menangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *